Langsung ke konten utama

Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif : Level 1

Saya memulai menjadi ibu rumah tangga pada usia yang masih sangat belia. 18 tahun. Pada awal awal saya memiliki anak banyak kendala yang saya hadapi. Apalagi saya tidak memiliki orang tua lagi sehingga untuk berkeluh kesah dalam mengurus anak seperti tidak memiliki tempat.

Pada awal awal anak satu, saya justru jarang mengajak ananda berbicara sehingga anak saya yang pertama sempat mengalami keterlambatan bicara. Jika suami berangkat kerja, saya cenderung mengajak anak saya bermain main saja, bernyanyi tapi kurang dalam komunikasi. Suami sayalah yang mengambil peran itu. 

Entah karena saya tidak terbiasa berkomunikasi dengan anak kecil (saya anak tunggal), mungkin juga tidak pandai. Saya selalu mengajarkan anak untuk berdisiplin dengan one commando. Atau satu perintah untuk anak. Saya pikir itu sangat mudah dilakukan, karena secara naluriah saya merasa anak saya tidak akan mampu melaksanakan beberapa permintaan/ perintah dalam satu kalimat. Memberikan satu demi satu perintah atau permintaan membuat anak lebih fokus dan saya juga melatih sabar saya untuk menemaninya menuntaskan pekerjaannya. 

Dulu saya pikir kebiasaan itu hanyalah trik saya dalam mendisiplinkan si kecil. Saat saya menerima tugas di kelas Bunsay ini saya baru menyadari bahwa yang saya lakukan itu ada namanya, yaitu Keep Information Short and Simple (KISS).

Sebagai contoh, jika Langit (5,11 tahun) sedang bermain main dengan seluruh mainannya di lantai. Lalu dia mengambil buku dan ingin membaca bersama saya. Maka saya akan bertanya dulu
"Langit ingin main atau baca?" dan membiarkannya memilih.
jika Langit memilih membaca, maka saya akan berkata "Kalau begitu Langit boleh beresin mainannya dulu?" 
dan membiarkannya berpikir dan memilih. Jika ia memilih membaca ia akan langsung membereskan mainannya. Jika masih ingin main, maka saya lalu berkata "Kalau begitu, Langit kembalikan buku nya dulu ke lemari ya?" 

Alhamdulillah metode ini saya lakukan sejak tahun 2003 saat Samudra anak saya yang pertama berumur 1 tahun sampai sekarang pada Langit anak bungsu saya. 
Dan baru tahun 2017 ini saya tahu bahwa ini adalah salah satu langkah yang diterapkan oleh bunda Elly Risman.

indri - 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saksikan "DONGENG" di TVRI stasiun Sumut edisi 24 Februari 2018 pukul 16.30 wib. Menampilkan Kak Dwita dengan Dongeng "Kura-Kura yang sombong dan Kelinci Baik Hati". Live!! Bagi sekolah yang ingin ikut nonton secara langsung hubungi kak SaLman BasteNd di 087869966998 atau Kak Jeni di 082365683260. Sampai ketemu 😘😘

Semangat MILAD Kampung Dongeng Indonesia yang ke-8

Salam Dongeng Indonesia! Kampung dongeng Indonesia baru saja berulang tahun yang ke-8 pekan lalu. Beragam kegiatan di seluruh penjuru kampung dongeng yang ada di Indonesia ikut menyemarakkan hari ulang tahun kampung dongeng Indonesia. Tak ketinggalan, kampung dongeng Medan juga telah menyemarakkan ulang tahun kampung dongeng Indonesia, Minggu, 21 Mei 2017. Sebagai bentuk syukur relawan kampung dongeng seluruh indonesia, semangat MILAD kampung dongeng dirayakan bersama anak-anak yatim di wilayahnya masing-masing, termasuk kampung dongeng Medan. Tempat yang dipilih relawan kampung dongeng Medan adalah sekolah Amal Shaleh yang terletak di sekitar kelurahan Karang Rejo yang dibangun oleh seorang Ibu bernama bu Cia. Sekolah tersebut sudah ada sejak tahun 2003 yang berawal dari kepedulian beliau  terhadap anak-anak di sekitar rumahnya dari ancaman putus sekolah, narkoba, premanisme dan prostitusi. Hal itulah yang membuat para relawan kampung dongeng medan berinisiatif untuk berbagi

kampung dongeng medan

kampung dongeng medan (kado medan) adalah komunitas berbasis pendidikan dan sosial yang aktif di medan sejak 3 tahun yang lalu, saat ini kampung dongeng medan rutin melakukan kegiatan sosial di taman ahmad yani medan setiap awal bulan dengan nama Kampung Dongeng Pekan Ceria, Akhir Maret ini Kampung Dongeng Medan akan melaksanakan miladnya yg ke 3 di daerah sekitaran bagan percut bekerjasama dengan rumah baca bakau